Tips Membeli Laptop Second dan Standard Pengecekkannya

Advertisements
Informasi Seputar Tips Membeli Laptop Second akan kami hadirkan sebagai acuan untuk membeli laptop yang sudah di pakai orang, tak dapat dipungkiri memang kebutuhan akan barang yang satu ini sekarang sudah menjadi salah satu trend karena mau gak mau setiap kegiatan yang didalamnya menyengol hal tulis menulis atau online dapat dikerjakan lewat laptop, dimana laptop akan mempermudah suatu pekerjaan yang akan kita kerjakan. Kembali ke Laptop….inget sama Tukul yang populer gara-gara laptopnya? saya juga mau TOP, makanya kali ini mau ngebahas tentang laptop. Yuk ikutin kelanjutannya… Saat ini laptop bukan merupakan barang yang “mewah” lagi, karena untuk laptop yang standar aja harganya sudah mulai terjangkau sama kantong (maksudnya kantong yang beli he…he…he..). Coba sahabat jalan ke Mall atau CafĂ© yang ada Hotspotnya, pasti ditempat itu dipenuhi sama pengunjung yang rata-rata membawa laptop dari tua sampe ABG. Nah kalo cerita tentang laptop, pasti ada asal-usulnya dunk (maksunya beli dimana?). Baik laptop Casio (dikasi orang), Second ataupun nemu yang pasti sebelumnya dibeli dari toko. Berikut ini saya mau ngebahas tentang Laptop Black Market….
Tips Membeli Laptop Second
Black Market adalah istilah pada satu produk yang dijual di Indonesia bukan melalui jalur resmi (illegal). Karena illegal, maka tidak ada jaminan mutu, garansi atau faktor penting lain dari produsennya. Barang ini dijual karena untungnya cukup besar, serta user bias membeli dibawah harga pasaran. Pada dunia computer, Black Market sering di istilakan sebagai produk “PI” (Parallel Import). Produk Black Market melanggar aturan hukum nasional seperti UU Perlindungan Konsumen, UU Pajak, UU Bea dan Cukai serta Peraturan Menteri Perdagangan & Perindustrian RI.

Tips membeli Laptop Bekas yang terbaik

1. Ketahanan Baterai.
Yang paling awal anda tanyakan kepada penjual laptop bekas ialah masalah ketahanan baterainya. Hingga saat ini daya tahan baterainya berapa lama? Jika baterainya masih mampu bertahan lama berarti laptop tersebut masih baik dan bisa anda beli. Baterai sangat penting sebab rusaknya baterai laptop sama saja dengan 50 % telah terjadi kerusakan pada laptop tersebut, karena laptop yang rusak baterainya berarti tidak dapat digunakan diluar rumah tanpa menggunakan colokan. Selain itu harga baterai asli biasanya mencapai harga antara 500 ribu -1 juta rupiah. Percuma saja anda beli laptop bekas  murah tetapi harus mengganti lagi baterainya yang sudah tidak tahan lama.
2. Keadaan charger dan kondisi laptop
Harga charger asli sebuah laptop tidak kalah mahalnya dengan harga baterai laptop. OIleh karena itu kondisi charger pun wajib anda tanyakan kepada penjual laptop tadi. Cobalah mengetes keampuhan charger lapto apakah masih bisa berfungsi dengan sangat baik atau tidak. Selain charger anda juga wajib mempertanyakan kondisi laptop sejak pembelian sampai hari itu, bisa jadi laptop tersebut pernah jatuh atau lainnya yang bisa saja menyebabkan kondisi di dalam laptop bisa menjadi rusak dan tak kelihatan oleh anda.
3. Lamanya penggunaan
Semakin lama penggunaan laptop berarti kualitas aksessoris di dalamnya juga ikut menurun kualitasnya. Sebisa mungkin laptop bekas yang akan anda beli tidak berumur lebih dari 1 tahun. Sebab jika lebih dari 1 tahun maka sudah ada beberapa peragkat di dalamnya yang sudah harus diganti atau pernah rusak selama digunakan oleh pemiliknya.
4. Spesifikasi laptop
Salah satu alasan pengguna laptop memilih menjual barangnya dikarenakan spesifikasi laptop yang kurang maksimal. Oleh karena itu perhatikan pula apa isi laptop tersebut yang terdiri dari jumlah memori (RAM), hardisk, dan processor di dalamnya. Pilihlah laptop yang memiliki spesifikasi yang lumayan baik untuk anda gunakan nantinya.
5.Garansi kerusakan
Garansi kerusakan wajib anda tanyakan, apakah laptop tersebut masih terkena garansi atau tidak. Jika masih memiliki status garansi maka laptop tersebut aman, jika ada kerusakan dikemudian hari anda tak perlu repot lagi mengeluarkan uang untuk mengganti kerusakan, sebab ditanggung oleh garansi.Buat sahabat goceng, tips berikut ini mungkin bisa dapat membantu atau bahan referensi jika mau membeli laptop. Dari pada nanti ketipu, baru pake 1 atau 2 bulan sudah rusak ada baiknya simak yang dibawah ini…
Ciri-ciri produk Black Market
  • Umumnya terjadi pada produk yang banyak dicari konsumen (hot product)
  • Harga dibawah pasaran dengan selisih cukup jauh.
  • Tidak memiliki garansi resmi, juga tidak ditemukan kartu garansi Indonesia di dalamnya. Klaim juga tidak dapat dilakukan pada Service Center Resmi.
  • Dijual bukan melalui distributor resmi dari produk tersebut. Biasanya penyalur resmi memiliki tanda seperti hologram atau kartu garansi di produk.
  • Laptop Black Market dengan aplikasi tertentu didalamnya (seperti Microsoft Windows), maka aplikasi tersebut dapat dikategorikan illegal juga.
Black Market atau tidak? Uji produk yang kita beli..!!
  • Meminta kepastian dari toko penjual mengenai keaslian produk. Lebih bagus jika toko tersebut merupakan dealer resmi produk bersangkutan.
  • Cek informasi dari web vebdor yang menyajikan data-data spesifikasi mengenai toko partner resmi mereka.
  • Menguji nomor seri produk / kartu garansi langsung kepada Customer Support vendor melalui telepon atau distributor resminya.
  • Harga produk resmi selalu standar atau sesuai dengan nilai produk. Jika terlalu murah, patut dicurigai. Lihat harga pembanding di web, misalnya di situs Bhinneka.
  • Kartu garansi selalu memiliki ciri-ciri khusus yang menandakan keasliannya, seperti hologram.
  • Masa garansi harus standar, seperti satu atau dua tahun. Jika kurang dari itu, kita patut mencurigainya
Ternyata betul kata orang tua dulu, telitilah sebelum membeli jangan sampai menyesal di kemudian hari... Kalau sahabat ada informasi lain mengenai Black Market, kasih komentar ya...siapa tahu tips membeli laptop second diatas bisa membantu sahabat lain yang pengen membeli laptop, anda juga bisa membaca artikel tentang Cara Memanggil Makhluk Halus dan semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Menarik Di Bawah Ini Terkait Tips Membeli Laptop Second dan Standard Pengecekkannya :

Sekarang Sobat Telah Selesai Membaca Artikel : Tips Membeli Laptop Second dan Standard Pengecekkannya, Berikan Komentar Sobat Yang Membangun Mengenai Tips Membeli Laptop Second dan Standard Pengecekkannya Demi Kemajuan Tulisan Ini. Terimakasih

0 komentar:

 

Cara Whatsapp Gratis Copyright © 2009 Community is Designed by Cara Gratis - Kontak Kami - About Me - Privacy Policy - Disclaimers